Rabu, 28 April 2010

B. Kulit

1. Biduran
Udara dingin kadang bisa menyebabkan kulit kita menjadi gatal dan timbul bengkak-bengkak dengan bentuk yang tidak teratur. Biduran dapat berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari dan tidak meninggalkan bekas. Biasanya biduran disebabkan karena alergi terhadap bahan kimia, makanan, atau obat-obatan. Penyakit ini dapat dicegah dengan tidak mengkonsumsi sesuatu yang menyebabkan biduran. Untuk megatasinya, ambillah batu bata merah yang sudah ditumbuk sebanyak 1 gelas. Batu bata merah digoreng tanpa minyak, taruh dalam kain bekas, lalu oles-oleskan pada bagian yang biduran. Anda akan merasakan hangat-hangat dan tidak lama kemudian biduran akan segera sembuh dan tidak gatal lagi.

2. Kaki Atlet
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur pada kaki. Keadaan lembab dan berkeringat pada kaki merupakan kondisi yang mendukung pertumbuhan pada jamur ini. Cara menjaga agar kaki kita tidak lembab segera melepas sepatu atau kaos kaki setelah beraktifitas.

3. Ringworm
Selain menginfeksi kulit, jamur penyebab ringworm dapat menginfeksi kuku dan kulit kepala. Ciri dari infeksi jamur ini adalah membentuk bekas melinkar di kulit. Penyakit ini dapat dikurangi dengan menggunakan obat jamur. Karena disebabkan oleh jamur, cara yang paling tepat untuk mencegah penyakit ini dengan menjaga kebersihan diri dan menjaga agar kulit tetap kering dan tidak lembab.

4. Kutu dan Cacing
Selain jamur parasit yang umum ditemui pada kulit manusia berupa kutu dan cacing. Mereka hidup di bawah permukaan kulit, menyebabkan iritasi dan gatal. Parasit ini dapat berpindah ke orang lain sehingga bisa menular. Pengobatannya bisa dilakukan oleh dokter. Pencegahannya dengan cara keramas secara rutin 2 hari sekali.

5. Psoriasis
Penderita psoriasis mengalami gajala seperti kulit kemerah-merahan dan bersisik yang dapat terjadi pada kulit kepala, siku, lutut, atau punggung. Gejala ini sering berulang dan hingga saat ini psoriasis belum dapat disembuhkan secara total. Pengobatan yang teratur dapat menekan gejala hampir tidak tampak.

6. Kanker Kulit
Dari semua jenis kanker, kanker kulit adalah jenis kanker yang paling sering dijumpai. Paparan terhadap sinar matahari yang berlebihan dapat memicu timbulnya kanker kulit. Penyakit ini lebih sering menyerang orang dengan kulit berwarna terang yang lebih sensitif terhadap sinar matahari. Pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan tabir surya atau membatasi lamanya kulit terpapar sinar matahari.

7. Skabies
Penyakit skabies disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (Sarvoptes scabies) dan dapat menular pada orang lain. Penularannya dengan 2 cara kontak langsung dan kontak tak langsung. Pada penyakit skabies ditemukan 4 tanda cardinal yaitu pruritus nocturna, menyerang manusia secara berkelompok, adanya terowongan (kunikulus) pada tempat-tempat predileksi yang berwarna putih atau keabu-abuan dan menemukan tungau. Ujud kelainan kulit pada penyakit skabies yaitu ditemukannya papul, vesikel, erosi, ekskoriasi, krusta dan lain-lain.

8. Eksim
Eksim merupakan penyakit kulit yang akut atau kronis. Penyakit tersebut. menyebabkan kulit menjadi kering, kemerah-merahan, gatal-gatal, dan bersisik. Mengobatinya dengan cara menempelkan segenggam daun lamtoro (petai cina), kapur sirih, dan garam pada kulit yang terkena eksim. Lakukan selama seminggu atau obati dengan tembakau ranau yang direndam dalam satu gelas air hangat, kemudian peras dan ambil sarinya. Bersihkan eksim dan olesilah dengan sari ramuan tersebut 3 kali sehari.

9. Jerawat
Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Penyakit tersebut biasa dialami anak-anak remaja. Cara pencegahan timbulnya jerawat yang mudah yaitu makan makanan yang seimbang, cukup tidur, dan olahraga, serta rajin menjaga kebersiahan kulit.


10. Biang Keringat
Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintik kemerahan yang disertai gatal. Daki, debu, dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat. Biasanya anggota badan yang terserang biang keringat yaitu daki, leher, punggung, dan dada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar